• Breaking News

    Minggu, 02 Oktober 2016

    Pengertian, Sejarah, Manfaat, dan Dampak Internet

    Sejarah Komputer 





         Pada era 1960-an, ada kekhawatiran Departemen Pertahanan Amerika Serikat akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini mendorong dimulainya penelitian kemungkinan menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki Departemen Pertahanan dalam satu instalasi atau jaringan yang memungkinkan komputer saling berkomunikasi satu dengan yang lain dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan Oktober 1962, dimulailah program riset komputer di ARPA (Adcanced Research Projects Agency) dengan ketua program pertama Josep Licklider. ARPA merupakan lembaga riset milih Departemen Pertahanan Amerika Serikat. ARPA sebelumnya dikenal dengan nama DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency).


          Pada tahun 1965, dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide-Area Network yang pertama. mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Dari percobaan tersebut disimpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data namun tidak efisien, menghabiskan bandwith, dan mahal. Diprediksi model komunikasi antar dua komputer yang paling memungkinkan adalah model pengiriman data dalam bentuk paket data. Model pengiriman ini memecahkan data menjadi paket-paket data sebelum dikirimkan.


          Pada tahun 1966, Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkankomputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini. Tiga tahun kemudian, jaringan tersebut menjadi apa yang disebut ARPANET. Jaringan ini kemudian menjadi cikal bakal lahirnya Internet.


          Internet yang pada saat itu disebut dengan ARPANET pertama kali online pada tahun 1969. Pada awalnya, ARPANET menghubungkan komputer-komputer di universitas-universitas dibagian barat daya Amerika Serikat. Kemudian pada bulan Juni 1970, beberapa universitas dan lembaga lain, seperti MIT, Havard, BBN dan System Development Copr di Santa Monica, ikut bergabung. Selanjutnya pada bulan Januari 1971, giliran Stanford, Lincoln Labs, Carnegie-Mellon, dan Case-Western Reserve University ikut bergabung. Beberapa bulan kemudian lembaga-lembaga seperti NASA/Ames, Mitre, Burroughs, RAND dan Universitas Illinois, juga ikut bergabung. Setelah it, semakin banyak lembaga-lembaga yang terhubung ke internet dan perkembangan internet pun semakin luas dengan cepat namun masih terbatas pada lembaga-lembaga tertentu saja. 

          Pada tahun 1971, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet. Protokol ini dignakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh. Selain itu, NWG membuat kemajuan pada standar File Transfer Protocol (FTP). Protokol ini digunakan untuk mendownload file-file.

    Pada tahun 1972, Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET. Tomlinson menggunakan simbol @ untuk menghubungkan nama pengguna (username) dan alamat email (email address). Pada akhir 1980-an, simbol @ digunakan sebagai standar diseluruh dunia.


          Pada tahun 1986, internet kemudian digunakan secara terbuka untuk umum. Sejak saat itu , penggunakan internet berkembang sangat cepat ke seluruh dunia.


    Pada tahun 989, jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang pesat. Di bulan Januari, jumlah jaringan yang tergabung ke internet sebanyak 80.000 jaringan, bertambah menjadi 130.000 jaringan di bulan Juli, dan melebihi 160.000 jaringan dibulan November. Beberapa negara, seperti Australia, Jerman, Israel, Italia, Jepang, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, dan Inggris, bergabung dengan internet.


          Pada tahun 1990, ARPANET resmi ditutup. Jaringan tersebut telah berkembang dari 4 jaringan komputer yang tergabung didalamnya menjadi 300.000 jaringan.


          Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen bersama timnya di National Center For Supercomputing Applications (NCSA). Andreessen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi otak dibelakang Nescape Corp, yang kemudian membuat Nescape, browser yang paling sukses sampai akhirnya Microsoft mengembangkan Microsoft Internet Explorer.


          Selain perkembangan jaringan pengguna, kemajuan internet juga disertai dengan perkembangan teknologi. Kecepatan menjadi hal yang penting mengingat semakin besarnya kebutuhan untuk sarana pertukaran informasi. Modem dengan kecepatan 56 kbps yang sebelumnya dianggap cukup memadai saat ini menjadi kurang, terutama untuk mengirimkan dan menerima aplikasi-aplikasi multimedia kualitas tinggi. Oleh karena itu, dikembangkan teknologi Digital Subscriber Lines (DSL), WiFi, 3G, koneksi satelit, dan TV kabel.


          Jumlah pengguna internet terus bertambah dengan cepat. Pada tahun 1995, di perkirakan 25 juta orang telah menjadi pengguna internet. Data dari lembaga penelitian IDC menyebutkan bahwa pada tahun 1999 pengguna internet diperkirakan telah mencapai 196 juta orang, dan menjadi  502 juta orang pada tahun 2003. Menurut data yang dikeluarkan oleh Internet World Statistic tertanggan 30 Juni 2010 pengguna internet telah mencapai 1.966.514.816 orang yang tersebar diseluruh dunia. Jika penduduk dunia 6,8 miliar orang, berarti 28,7%  penduduk dunia telah terhubung ke internet.


    Pengertian Internet 



          Apa itu Internet? Internet berasal dari kata International Network [Williams & Sawyer, 2011]. Kalau di terjemahkan secara langsung berarti jaringan internasional. Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan internasional karena internet menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar. Oleh karena internet merupakan kumpulan jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung, maka internet juga sering disebut Interconected Network. Saat ini diperkirakan ada ratusan ribu jaringan komputer yang terhubung ke internet.


          Oleh karena merupakan sebuah jaringan, sebuah komputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan semua komputer diseluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua komputer yang terhubung dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis.



         Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Oleh karena itu, internet merupakan dunia yang bebas dimasuki tanpa harus terikat pada peraturan-peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas-batas wilayah teritorial negara tertentu.



           Ada dua peranan internet yang sangat penting; (1) sebagai sumber data dan informasi, (2) sarana komunikasi data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi. Sebagai jumlah yang tidak terbatas. Kamu dapat mengakses informasi apa saja di internet. Jika ingin, kamu juga dapat menempatkan informasi di internet agar dapat diakses oleh orang lain.



        Sebagai sarana komunikasi data dan informasi, internet dapat digunakan untuk komunikasi data dan informasi dari satu komputer dengan komputer lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berhubungan satu dengan yang lain serta mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran data dan informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.

           Internet menjadi salah satu pemicu globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan siapapun dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, hukum atau birokrasi suatu negara.

    Manfaat Internet



           Internet menjadi salah satu pemicu globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas dunia. Internet memungkinkan siapapun dapat mengakses informasi yang tersimpan di komputer di belahan dunia lain. Internet telah membuat dua orang dari belahan bumi yang berbeda dapat berkomunikasi tanpa dibatasi oleh batas-batas negara, waktu, jarak, hukum atau birokrasi suatu negara.

         Internet memudahkan komunikasi, di era yang semakin canggih berkomunikasi tidak perlu lagi surat. Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain.

          Dengan adanya internet secara tidak langsung membuat kita lebih menguasai bahasa asing, terutama bahasa inggris. Di Internet sendiri memang sangat banyak informasi yang disajikan dalam bentuk bahasa Inggris. Selain bisa belajar atau mencari informasi secara tidak langsung belajar juga bahasa lainnya dengan menerjemahkannya.

         Dan dengan internet kehidupan jadi lebih efisien, tak perlu berlama-lama menunggu informasi disiarkan di TV, radio, atau disebarkan di koran. Hanya dengan mengetik beberapa kata, informasi yang diinginkan sudah bisa didapatkan.

    Dampak dari penggunaan Internet




          Internet sebagai sarana komunikasi dan sumber informasi yang takterbatas selain memberikan manfaat bagi para penggunanya, dapat memberikan pengaruh buruk bagi pembangunan karakter seseorang. Khususnya generasi muda yang sifatnya penasaran dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Sebagai sarana komunikasi yang cepat dan handal, internet dapat menjadi teknologi yang sangat mendukung untuk melakukan berbagai kejahatan seperti penipuan, pencurian data-data penting, menyebarkan informasi yang berusak, atau konten-konten pornografi.

    Dampak Positif

    1. Sebagai media komunikasi
      Internet merupakan alat komnikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antara pengguna internet satu dengan lainnya pada aplikasi internet.
    2. Sebagai sumber informasi
      Setiap manusia membutuhkan informasi yang harus diketahui, internet membantu manusia untuk memberikan segala informasi yang dibutuhkan 
    3. Kemdahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan
      Internet juga dapat menghasilkan keuntungan dengan berdagang secara online. Dan dengan adanya e-bangking membuat transaksi menjadi lebih mudah. 
    4. Sebagai media pertukaran data
      Internet dapat sebagai media pertukaran data dengan menggunakan email, www dimana para pemakai internet diseluruh dunia bertukar informasi dengan cepat dan mudah.

    Dampak Negatif 

    1. Penipuan
      Sering terjadi penipuan karena keuntungan dari internet sangat besar, membuat sebagian orang untuk mencari keuntungan diinternet dengan menipu. Seperti membuat web phising membuat orang mengira web tersebut adalah web resmi dan mengakses web tersebut dengan data pribadinya. 
    2. Carding
      Kejahatan yang dilakukan dengan mendeteksi transaksi. Karena internet sifatnya langsung dan terbuka membuat para penjahat memanfaatkan dengan membajak kartu kredit untuk mencatat kode kartu mereka. 
    3. Perjudian
      Adanya perjudian diinternet yang tersebar merata ke penjuru kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak 
    4. Kecanduan
      Internet dapat menyebabkan ketergantungan sampai melupakan waktu untuk melaksanakan kewajibannya atau sampai lupa hal yang berlangsung di dunia nyata. 
    5. Pornografi
      Pornografi yang tersebar dan dengan kemudahan akses informasi pornografi, yang membuat pengguna internet mensalahgunakan internet yang menyebabkan banyaknya tindakan asusila

    Referensi



    1. Pandia, Henry. 2011. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta : Penerbit Erlangga 
    2. http://www.skipnesia.com/2014/06/10-manfaat-internet-secara-umum.html#
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar