• Breaking News

    Rabu, 09 November 2016

    Sejarah Cloud Computing

    Cloud Computing

    Sejarah Cloud Computing

    Cloud computing adalah hasil dari evolusi bertahap di mana sebelumnya terjadi fenomena grid computing, virtualisasi, application service provision (ASP) dan Software as a Service (SaaS). Konsep penyatuan computing resource melalui jaringan global sendiri dimulai pada tahun 60-an. Saat itu muncul "Intergalactic computer network" oleh J.C.R Licklider, yang bertanggung jawab atas pembangunan ARPANEN di tahun 1969. Beliau memiliki sebuah cita-cita di mana setiap manusia di dunia ini dapat terhubung dan bisa mengakses program dan data dari situs manapun. Menurut Margaret Lewis, Direktur Marketing Produk AMD. "Cita-cita itu terdengar mirip dengan apa yang kini kita sebut dengan Cloud Computing". 

    Semenjak tahun 60-an, cloud computing telah berkembang berdampingan dengan perkembang Internet dan Web. Namum karena terjadi perubahan teknologi bandwith yang cukup besar pada tahun 1990-an, maka Internet lebih dulu berkembang dibanding cloud computing. Dan kini ternyata bahwa pendorong utama cloud computing adalah karena adanya revolusi Internet. Salah satu batu loncatan yang cukup drastis adalah dengan adanya Salesforce.com di tahun 1999, yang merupakan pencetus utama aplikasi perusahaan dijalankan melalui Internet. 

    Batu lompatan besar lainnya datang ditahun 2009 dengan Web 2.0 mencapai puncaknya. Google dan lainnya memulai untuk menwarkan aplikasi browser-based untuk perusahaan besar, seperti Google Apps. “Kontribusi yang paling penting dari komputasi cloud adalah munculnya “killer apps” dari penguasa teknologi seperti Microsoft dan Google. Ketika perusahaan tersebut mengirimkan layanan dalam bentuk yang mudah untuk konsumsi, efek penerimaannya menjadi sangat luas menurut Dan Germain, Chief Technology IT provider Cobweb Solution. "Faktor utama lainnya yang mempengaruhi berkembangnya komputasi cloud antara lain matangnya teknologi visual, perkembangan universal bandwith berkecepatan tinggi, dan perangkat lunak universal", menurut Jamie Turner sang pelopor komputasi cloud. Tuner manambahkan, "cloud computing sudah menyebar luas hingga kepada para pengguna Google Doc. Kita hanya dapat membayangkan  betapa besarnya ruang lingkup yang sudah di capai. Apa saja dapat di lakukan dan dikirimkan
    melalui cloud”

    Pengertian Cloud Computing

    Secara bahasa berarti komputasi awan yang merupakan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis Internet. Awan adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan pada diagram jaringan komputer. Awan(cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat internet tanpa mengetahui apa yang ada didalmnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.


    Penerapan Cloud Computing


    Dalam bidang perusahaan, Lintas Media Danawa (LMD), anak perusahaan Lintasarta, perusahaan ICT terkemuka di Indonesia saat ini, membawa teknologi cloud computing ke Indonesia. Jadi perusahaan ini melayani on demand cloud computing dan private cloud computing. Di Indonesia.untuk biayanya juga tidak terlalu mahal yaitu untuk layanan on demand cloud computing.


    Dalam bidang pemerintahan, Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah menyediakan layanan Cloud Computing sebagai layanan jasa alih daya pengelolaan TIK untuk instansi pemerintah. Layanan ini bertujuan untuk dapat mewujudkan percepatan e-government, karena memungkinkan pengguna pemerintah berkonsentrasi dalam memberikan layanan dan tidak dipusingkan dengan konfigurasi maupun pemeliharan perangkat teknologi informasi.

    Kelebihan Penerapan Cloud Computing 

    1. Pengaksesan lebih mudah dapat diakses dari manapun
      Salah satu tujuan utama dari cloud computing yang membuat semua user dapat mengaksesnya dari manapun, tak perlu berada pada suatu computer yang sama dengan ketentuan tertentu.
    2. Efisiensi Biaya
      Mengurangi biaya yang dikeluarkan suatu perusahaan untuk operasional komputer, terutama hardware yang umumnya menggunakan hardisk sebaga main storage. Dengan cloud computing, perusahaan lebih hemat biaya maintenance, listrik, hardware, dll.
    3. Fleksibel
      Cloud computing bersifat fleksibel membuatnya mudah untuk meningkatkan kapasitasnya tidak seperti hardware storage biasanya yang harus diganti atau ditambahkan jumlah hardwarenya untuk meningkatkan kapasitasnya.
    4. Kemudahan Monitoring dan Manajemen Server
      Monitoring dan manajemen server lebih mudah karena semua terkoneksi dengan web portal pelanggan. Hanya perlu melihat dashboard untuk melihat status server.
    5. Meningkatkan availability dan ketersediaan data
      Sistem cloud berada pada suatu data center yang menjamin ketersediaan listriknya, pendingin ruangan, dan lain-lain yang menjamin fasilitas pendukung bekerja maksimal selama 24 jam sehari.
    6. Fokus dalam Melakukan Bisnis dan Pengembangan Perusahaan
      Menurut survei, 80% dari waktu pekerjaan perusahaan IT digunakan untuk kegiatanan operasi dan maintenance. Sisanya, 20% dari total waktu yang ada digunakan untuk kegiatan pengembangan IT.Keadaan tersebut tentunya sangat tidak efektif untuk pengembangan perusahaan karena harus disibukkan dengan maintenance system. Berbeda halnya jika menggunakan cloud computing, proses maintenance tidak terlalu banyak dilakukan karena sebagian besar sumber daya berada di cloud. Selain itu dengan menggunakan cloud, perusahaan dapat lebih fokus pada bisnis yang dijalankannya, bukan pada pengelolaan dan maintenance IT.
    Referensi :
    • http://cloudindonesia.com/implementasi-cloud-computing-di-bidang-pemerintahan/ 
    • http://www.academia.edu/5281156/Artikel_Pengertian_Cloud_Computing_Cloud_computing 
    • A. Budiyanto. 2011. Pengantar Cloud Computing. Jakarta : Elex Media Komputindo
    • Elcom. 2012. Cloud Computing. Jakarta : Andi Publisher

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar