• Breaking News

    Minggu, 15 November 2015

    APAKAH URBANISASI ITU PENDORONG ATAU MASALAH BAGI KEHIDUPAN PENDUDUK

    Pembahasan ini akan membahas apakah urbanisasi itu adalah masalah masyarakat atau pendorong hidup masyarakat, yang berisi tentang pendapat saya tentang implikasi urbanisasi pada masyarakat sekitar.
    Urbanisasi adalah perpindahan dari desa ke kota, dikarenakan penduduk desa tertarik akan adanya prasarana lengkap di kota, banyaknya lowongan pekerjaan, pendidikan yang lebih tinggi dapat diterima di kota dibandingkan di desa, dan kehidupannya yang modern.
    Menurut saya dari pengertian di atas urbanisasi bisa dibilang menguntungkan atau mendorong kehidupan penduduk dan dapat juga dibilang sebagai masalah bagi masyarakat yang mengalami hal ini dan sekitarnya. Berikut adalah beberapa contoh yang menurut saya sebagian dari pendorong dan masalah hidup penduduk akibat urbanisasi :

    ⦁  Urbanisasi sebagai pendorong hidup masyarakat
    Karena majunya kehidupan di kota di banding kehidupan di desa, penduduk desa akan pindah kekota dengan alasan untuk memajukan diri mereka, ini akan mengakibatkan penduduk desa akan berpikiran maju seperti penduduk kota. Mereka akan berpikiran maju kedepan karena cepatnya informasi dan komunikasi di kota dibanding di desa mereka. Dengan kata lain penduduk desa akan setara pengetahuannya dengan penduduk kota dan akan menyeimbangkan cara pikir orang desa dan orang kota.
    Lalu dengan adanya urbanisasi, hubungan antara desa dan kota akan terjalin, dan akan membuat kerjasama seperti dalam hal persediaan, sumber daya, dan tenaga kerja.

    Urbanisasi sebagai masalah hidup masyarakat
    Karena pindahnya penduduk desa ke kota, membuat penduduk di kota semakin banyak. Dengan kata lain akan terjadi kekurangan lahan perumahan (jelas wilayah kota tak bertambah sedangkan penduduknya bertambah). Dan pasti setiap warga menginginkan pekerjaan, dengan kata lain semua orang akan mencari pekerjaan di 1 kota tersebut, maka akan terjadi persaingan ketat akibat kurangnya lahan pekerjaan dan terjadinya sistem kerja kontrak membuat banyak penduduk yang tidak mempunyai pekerjaan tetap.
    Dan akan banyak pengangguran yang ada di kota, akibat banyaknya pengagguran maka akan ada kemungkinan kriminalitas meningkat dan karena terdapat banyak orang sampah yang dihasilkan akan semakin banyak dan membuat lingkungan tidak sehat.

    Memang pada dasarnya pengaruh urbanisasi tergantung dari cara pandang orang yang memandang urbanisasi itu sendiri.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar