• Breaking News

    Senin, 05 Oktober 2015


    MASALAH MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN RT

    Masalah sosial adalah suatu masalah yang berhubungan dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Manusia adalah makhluk sosial yang berarti seorang manusia membutuhkan manusia lainnya untuk menjalankan hidupnya. Seorang manusia tidak pernah bisa untuk hidup sendiri, manusia membutuhkan kelompok dalam kehidupannya yang memiliki tujuan yang sama agar membantu mencapai suatu tujuan tertentu.

    Karena manusia tersebut selalu berinteraksi dengan manusia lainnya dalam suatu kelompok, disinilah akan terjadi masalah sosial. Untuk mengatasi masalah sosial tersebut dibutuhkan kerjasama antara masyarakat, seperti dibuat norma-norma yang harus dipatuhi masyarakat. Berikut adalah beberapa contoh masalah sosial dan beberapa solusi yang di lakukan masyarakat di sekitar lingkungan RT :
    1.      Pencurian Motor
    Untuk mengatasi pencurian warga membuat pagar yang biasa di tutup di jam 10 keatas, karena pencurian biasa terjadi malam-malam, dan mengadakan sistem ronda agar lebih aman.

    2.      Sampah yang menumpuk
    Beberapa warga memiliki tong sampah yang sering penuh, dan mungkin mereka tidak dapat membawanya ke agen sampah. Oleh karena itu kita mengambil dana dari karang taruna untuk membayar tukang sampah agar bekerja lebih ekstra.

    3.      Kurang dan Merosotnya Dana Karang Taruna
    Untuk mengatasi hal ini pemuda Karang Taruna melakukan beberapa cara seperti, menjadi kurir bagi para warga. Menjadi kurir bayar listrik, air, telepon atau tagihan internet dengan upah minimal 5000.

    4.      Kurangnya moral masyarakat
    Karena banyak anak dibawah umur disekitar lingkungan yang sudah merokok, warga melakukan sosialisasi seperti diberi pengetahuan apa bahayanya rokok dan memberitahu orang tua mereka agar mengawasi anaknya.

    5.      Vandalism
    Berhubung banyak rumah dibagian hook yang memiliki tembok besar, sering terjadi corat-coret terhadap tembok tersebut. Untuk menghadapi ini warga mengadakan ronda malam.

    Berikut adalah beberapa contoh masalah sosial yang ada dilingkungan RT. Masih banyak masalah yang ada dilingkungan sekitar, Masalah akan selalu ada karena masalah adalah bagian dari masyarakat. Masalah dilingkungan bisa di selesaikan sendiri atau dengan cara bekerjasama dengan masyarakat lainnya, karena jika kita berpikir itu masalah orang lain belum tentu, begitu juga sebaliknya.
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar