• Breaking News

    Minggu, 02 Oktober 2016

    Musik Yang Dapat Membuat Komputer Rusak?

    Dapatkah musik merusak komputer?

    Bukanlah hal yang mustahil ketika kita mengetahui bahwa ternyata ada musik yang dapat membuat komputer kita rusak. Blackened Musical Notation atau Black MIDI adalah musik yang dapat membuat komputer nge-lag dan soundcard pecah karena rumit dan amburadulnya musik jenis ini.

    Dimulai dari penjelasan MIDI, MIDI yang merupakan singkatan dari Musical Instrument Digital Interface merupakan sebuah sistem koneksi antar perangkat musik secara digital yang mulai di populerkan pada tahun 1980 an yang bertujuan untuk membangun sistem komunikasi antar instrumen musik elektronik. MIDI sendiri tidak memproduksi suara, MIDI hanyalah sebuah pesan berurutan ( serial ) seperti misalnya “note on”, “note off”, “note/pitch”, “pitchbend”, dan masih banyak lagi.

    Sedangkan Black MIDI adalah musik yang dibuat menggunakan dasar MIDI. Musik ini disusun berdasarkan ribuan hingga jutaan note yang disusun menjadi satu lagu utuh. Asal kata Black MIDI atau MIDI hitam adalah dikarenakan apabila musik tersebut ditulis dalam notasi standar, maka ia akan membentuk satu barisan padat yang terlihat seperti semua berwarna hitam dan tidak jelas notenya jika dilihat oleh mata. Semua terjadi karena musisi yang menciptakan Black MIDI memadatkan jutaan not ke dalam satu musik sehingga menjadi rumit dan sangat penuh.



    Pada awalnya musik black MIDI berasal dari negeri sakura. Musik ini biasanya mengambil musik yang sebelumnya telah ada dan di-remake / re-mix menjadi satu kesatuan yang baru. Sebagian besar diangkat dari soundtrack game dan lainnya diangkat dari musik populer yang telah dikenal masyarakat. Musik Black MIDI yang tercatat menjadi musik pertama dalam sejarah adalah karya dari Shirasagi Yukki. Ia mengaransemen ulang musik latar dari game "Tohou Project" yang merupakan salah satu game vertical scrolling shooter tergila yang pernah ada. Ia membawakan musik Final Savage Sister Flandre S dan juga menjadi remix pertama terhadap musik tersebut.

    Dan akhirnya musik ini populer di Asia terutama, sehingga ada juga yang mengikuti langkah dari Shirasagi untuk membuat satu musik rumit berdasarkan soundtrack game yang telah ada sebelumnya, terutama dari game Touhou. Salah satu penerusnya adalah Kakakakaito1998 yang meng-upload video Black MIDI pertamanya ke Nico Nico Douga pada tahun 2011. Melalui langkah Kakakakaito1998 tersebutlah yang membuat para musisi dari negara Asia lain seperti China dan Korea untuk membuat pula karya lainnya yang tidak kalah rumi.

    Pembuatan Black MIDI menggunakan aplikasi yang sudah terkenal, tapi diantara software tersebut beberapa tidak dirancang untuk membuat instrument yang rumit pada Black MIDI. Aplikasi diantaranya FL Studio, Synthesia, SynthFont, Piano From Above, Domino, MIDITrail, dan Anvil Studio. Aplikasi-aplikasi tersebut biasa digunakan untuk belajar piano saja, namun disalahgunakan menjadi aplikasi powerful untuk membuat Black MIDI. Oleh karena itu sering kali soundcard tidak kuat atau bahkan bisa membuat komputer rusak.Bayangkan saja, aplikasi-aplikasi tersebut diminta untuk memainkan jutaan not hanya dalam waktu 5-6 menit saja. Dibutuhkan komputer berspesifikasi kuat ditambah dengan soundcard yang powerful.

    Berikut adalah salah satu contoh video musik Black MIDI dari kakakakaito1998


    Sumber :
    1. Samadikun, Samaun., Rio, S. Reka., Mengko, Tati. 1989. Sistem Instrumentasi Elektronika. Bandung : Institut Teknologi Bandung 
    2. http://tekno.liputan6.com/read/2347859/jangan-putar-musik-ini-kalau-tak-ingin-komputer-kamu-rusak

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar