• Breaking News

    Sabtu, 30 September 2017

    Konsep Permodelan Grafik

    Konsep Permodelan Grafis


    Pengertian Desain dan Permodelan Grafis

    • Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi.
    • Pemodelan merupakan pembentukan suatu objek baru melalui beberapa tahapan dalam pembuatannya
    • Grafik sendiri lebih mengacu kepada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah rancangan baik dalam bentuk 1, 2, maupun 3 dimensi atau bahkan lebih.
    Dapat disimpulkan bahwa, Pemodelan Grafik merupakan pembentukan suatu objek baru kemudian memproses objek tersebut menjadi suatu bentuk yang diinginkan dengan bantuan software komputer.

    Prinsip dan Unsur Desain Grafis

    Prinsip Desain Grafis

    1. Kesederhanaan
      Kesederhanaan penting untuk kemudahan pembaca untuk memahami isi pesan yang disampaikan dalam bentuk gambar, video ataupun tulisan.
    2. Keseimbangan
      Keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan yang seimbang secara visual (jadi lebih enak dilihat)
    3. Kesatuan
      Kohesi, konsistensi, ketunggalan, atau keutuhan, merupakan isi pokok dari komposisi.
    4. Penekanan
      Sesuatu yang di fokuskan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca desain yang dimaksud
    5. Proporsi
      Prinsip dasar untuk memperoleh keserasian. Diperlukannya perbandingan-perbandingan yang tepat dalam sebuah karya untuk mencapai suatu keserasian

    Unsur Desain Grafis

    1. Garis (Line)
      unsur desain yang menghubungkan titik poin dengan titik poin lainnya sehingga berbentuk menjadi gambar garis lengkung atau garis lurus.
    2. Bentuk (Shape)
      Segala hal yang memiliki tinggi dan lebar.
    3. Tekstur (Texture)
      Permukaan dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba
    4. Ruang (Space)
      Merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya
    5. Ukuran (Size)
      Unsur dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu bentuk. Biasa digunakan untuk penekanan dan kontras pada objek desain.
    6. Warna (color)
      Unsur penting dalam obyek yang menjadi identitas yang dapat membedakan unsur yang satu dengan lainnya.

    Pengarah Teknologi Terhadap Perkembangan Grafis

    Desain Grafis berkembang pesat sejak ditemukannya mesin cetak pada tahun 1447 oleh Johannes Gutenberg. Lalu dikembangan lagi oleh Johannes Fust yang mencetak bible disertakan hiasan pada tahun 1456. Dimasa itu mulai ada perkembangan corak pada huruf (typografi).

    Saat ini adanya mesin cetak dan komputer mempercepat perkembangan seni desain grafis yang akhirnya diterapkan dalam periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.

    Perkembangan Desain Grafis di Berbagai Media

    Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak (dua dimensi). Namun, perkembangannya hingga saat ini semakin tidak terbendung, bahkan justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio dan video). desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

    • Pengaruh Kebudayaan

      Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat karena kebudayaan merupaka sarana hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Budaya  digunakan sebagai sumber pemikiran untuk mengambangkan suatu desain grafis. Dalam pengaruhnya dibidang desain grafis dapat kita lihat dalam pembuatan kerajinan daerah seperti batik.
    • Pengaruh Teknologi

      Dalam hampir dua dekade ini teknologi komputer telah mempengaruhi perkembangan desain secara umum, dan desain grafis secara khusus. Secara perlahan dan hampir tidak terbatas, teknologi yang satu ini mendorong terjadinya banyak perubahan dalam desain grafis. Bila Anda masih mempunyai majalah, kemasan produk, atau iklan yang dikeluarkan sekitar enam puluhan, cobalah amati dan bandingkan dengan produk sejenis yang keluar sekitar dua dasawarsa terakhir, Perubahan telah terjadi di sana-sini. Sangat jarang kita temui iklan dengan gambar outline dan back ground satau warna primer seperti yang sering muncul di iklan-iklan cetak enam puluhan. Halaman-halamn majalah kini menjadi begitu berwarna dengan model, warna-warna, komposisi yang terasa begitu nyata.

    Desain Permodelan Grafis dari Segi Interaksi Manusia & Komputer

    Peranan desain permodelan grafik dalam interaksi manusia dengan komputer adalah membuat sesuatu yang dapat mempermudah pengguna dalam menjalankan program agar mudah dimengerti, enak disentuk, enak dilihat dan sesuai atau efisien.

    Beberapa metode yang dapat digunakan untuk proses IMK (Interaksi Manusia & Komputer) adalah sebagai berikut :
    • Kemampuan estetika dari desain grafis adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan efisien
    • Psikologi memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
    • Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
    • Linguistik merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah




    Referensi

    https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
    http://www.sjm.sch.id/p/desain-grafis-adalah-suatu-bentuk.html
    https://made21indra.wordpress.com/2015/09/25/konsep-permodelan-grafik/
    https://sarapanmatahari.wordpress.com/2010/06/07/pengertian-desain/
    https://rilotri94.wordpress.com/2015/11/22/perkembangan-desain-grafis-di-berbagai-media/


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar