• Breaking News

    Jumat, 23 November 2018

    Electronic Data Interchange

    Electronic Data Interchange


    Definisi

       Menurut kamus TI Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer. Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.

    Prinsip


       Prinsip dari teknologi EDI sebenarnya adalah menerjemahkan bahasa aplikasi dari sistim yang sama-sekali berbeda menjadi bahasa yang terstandarisasi, sebagai contoh dalam hal ini UN/EDIFACT yang merupakan singkatan dari United Nation Electronic Data Interchange for Administration, Commerce and Transport, disini bisa dilihat bahwa bahasa tersebut distandardisasi oleh PBB.

       Teknologi EDI ini adalah teknologi ‘less investment’ dimana pelaku bisnis tidak perlu lagi membeli peralatan baru sebagai infrastruktur untuk pertukaran dokumennya, dengan kata lain tetap menggunakan peralatan yang telah tersedia.

    Tujuan Utama


       Tujuan utama dari pemakaian teknologi EDI, sebenarnya adalah agar teknologi ini dapat membantu para pelaku bisnis mengkomunikasikan dokumennya dengan pihak lain lebih cepat, akurat dan lebih efisien karena sifatnya yang dapat mengeliminir kesalahan yang diakibatkan proses re-entry dan dapat mengurangi pemakaian kertas, komunikasi dan biaya-biaya lain yang timbul pada metode konvensional sehingga diharapkan dapat menekan biaya-biaya yang tidak diperlukan dan diharapkan dapat meningkatkan laba kepada pemakainya. Apabila proses tersebut terpenuhi, otomatis proses bisnis internal perusahaan tersebut akan menjadi lebih baik, terencana dan pada akhirnya hubungan bisnis dengan pihak lain-pun akan dapat lebih baik juga

       Keuntungan dalam menggunakan EDI adalah waktu pemesanan yang singkat, mengurangi biaya, mengurangi kesalahan, memperoleh respon yang cepat, pengiriman faktur yang cepat dan akurat serta pembayaran dapat dilakukan secara elektronik.

    4 hal yang menentukan apakah perusahaan akan proaktif atau reaktif :

    Tekanan Persaingan
    Perusahaan akan menetapkan EDI reaktif jika posisi perusahaan lebih baik dari kondisi pesaing
    Kekuasaan yang dilaksanakan
    Jika perusahaan dapat melaksanakan kekuasaan atas anggota IOS yang lain akan bersikap proaktif
    Kebutuhan intern
    Jika perusahaan melihat bahwa partisipasi dalam IOS merupakan cara untuk meningkatkan operasinya sendiri perusahaan akan menerapkan EDI secara proaktif
    Dukungan manajemen puncak
    Dukungan manajemen puncak selalu mempengaruhi keputusan tanpa melihat apakan proaktif atau reaktif

    Manfaat EDI

    Ada beberapa manfaat penggunaan EDI yaitu;
    1. Mengurangi kesalahan
    2. Mengurangi biaya
    3. Meningkatkan efisiensi operasional
    4. Meningkatkan kemampuan bersaing
    5. Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang 
    6. Meningkatkan pelayanan pelanggan






    Referensi :
    1. https://hadianyana.wordpress.com/2009/11/16/edi-electronic-data-interchange/
    2. http://www.sistem-informasi.xyz/2017/04/pengertian-electronic-data-interchange.html


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar